Wajib 3 : Olahraga


10 alasan kesehatan untuk berolah raga

Olahraga via ciricara.com

Olahraga via ciricara.com

1. Membantu menurunkan dan menjaga berat badan.

Jika anda berolahraga, Anda membakar lebih banyak energi daripada yang Anda konsumsi.

2. Memberikan energi

Setelah bekerja, Anda merasa lelah mental, sirkulasi darah buruk, dan lapar. Olahraga akan memberikan energi, bukan sebaliknya!

3. Melepaskan stres dan kegelisahan

Manfaat berjalan kaki lebih baik dan bertahan lebih lama dibandingkan obat penenang.

4. Mencegah peyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan kanker tertentu

Olahraga secara teratur dapat mengurangi tekanan darah dan level kolesterol, serta menurunkan resiko penyakit jantung. Olahraga juga meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang dan lebih efektif mencegah osteoporosis daripada obat-obatan. Olahraga dapat mencegah pembentukan kanker, termasuk kanker payudara dan usus.

5. Memperpanjang umur

Orang-orang yang membakar setidaknya 2000 kkal per minggu dengan berolahraga, rata-rata hidup dua tahun lebih lama dibandingkan dengan yang tidak berolahraga.

6. Mengurangi gejala-gejala premenstruasi dan menopause

Olahraga memperlancar sirkulasi, memperbesar pembuluh darah dan mengurangi kram saat menstruasi. Pada wanita yang menopause, olahraga mengurangi kegerahan dan keringat saat malam hari.

7. Memperlancar pecernaan

Aktifitas fisik memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

8. Menjaga kesehatan punggung

Olahraga menjaga kekuatan dan daya tahan sendi, otot, tendon, dan ligamen di punggung. Otot-otot yang kuat di sekitar torso akan memperingan beban tulang punggung.

9. Mengurangi kekakuan pada tubuh

Olahraga meningkatkan sirkulasi, memperbesar pembuluh darah, dan meningkatkan metabolisme bahkan pada saat beristirahat.

10. Tampil lebih cantik

Olahraga menjadikan kulit lebih sehat, mata tampak lebih indah, otot lebih kuat, postur lebih baik, dan mengurangi varises serta selulit.

5 langkah untuk memulai :

1. Kenali situasi Anda saat itu

Jika Anda terus hidup dengan gaya hidup saat ini, apa yang akan Anda rasakan tiga puluh tahun dari sekarang? Lihat kembali gaya hidup Anda sehari-hari dan cari tahu mengapa Anda kurang berolahraga.

2. Ciptakan gambaran diri Anda yang baru, motivai terbesar Anda.

Bagaimana penampilan dan perasaan Anda jika Anda berolahraga secara teratur, berhenti merokok, atau menurunkan berat badan? Buatlah gambaran konkrit akan hal ini, yang menjadi motivasi Anda.

3. Kembangkan sebuah strategi

Kesalahan yang umum terjadi adalah jika hanya mengidentifikasikan situasi dan tujuan saat itu, bukan mencari alternatif lainnya. Evaluasi kembali rutinitas sehari-hari Anda dan tentukan di mana Anda bisa menambah waktu olahraga.

4. Mulailah berolahraga

Ide-ide dan rutinitas baru harus dilatih dan dilakukan secara berulang-ulang sebelum menjadi kebiasaan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, rutinitas tersebut akan lebih mudah untuk dinikmati.

5. Selalu berolahraga

Jika Anda melewatkan satu sesi, segera kembali pada rencana olahraga Anda. Jagan menyerah atau berhenti. Olahraga merupaka bagian gaya hidup Anda!

olahraga--Jenis Olahraga apa, berapa lama dan level intensitas apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut di atas?

WHO menyarankan 30-45 menit per hari, setiap hari. Olahraga kardio, kekuatan dan fleksibilitas harus menjadi rutinitas anda setiap hari. Tentukan bagaimana Anda melakukan olahraga setiap minggu/hari sesuai dengan rasio di bawah ini :

Kardio  50% : jalan kaki, bersepeda, dansa, aerobik, renang

Kekuatan 40% : angkat beban, yoga, berenang, panjat tebing, daki gunung

Fleksibilitas 10% : peregangan, yoga

Piramida Aktivifitas Fisik

piramida aktifitas fisik

Advertisements

Posted on March 25, 2015, in Wellbeing Roadmap and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: