Dampak Konsumsi Nutrishake Pada Penderita Obesitas Selama Studi 2 Tahun


Studi ini dilakukan untuk menentukan apakah Nutrishake bersama dengan nasehat gaya hidup kepada sekelompok penderita obesitas akan menghasilkan penurunan berat badan, kesehatan yang meningkat, (diukur oleh tes darah), dan peningkatan kualitas hidup subjektif.

Pada studi tahun pertama, dua belas subjek dengan BMI di atas 30 ikut berpartisipasi, 8 wanita dan 4 pria dengan umur rata-rata 43 tahun. Program ini teridiri atas konsumsi harian Nutrishake dan konsultasi dengan ahli nutrisi yang memberikan saran mengenai nutrisi serta panduan untuk cara hidup lebih sehat. Studinya diperpanjang hingga tahun kedua, di mana sembilan dari duabelas subjek tersebut melanjutkan partisipasi. Hasil pengamatan membuktikan bahwa jika subjek memiliki level insulin tinggi, mustahil dapat menurunkan berat badan, namun jika level insulin menurun, maka berat badan akan turun. Tekanan darah, berat badan, lingkar pinggang, dan panggul subjek diperiksa secara teratur, VAS (Visual Analogue Scale) digunakan untuk  mengukur seberapa besar keinginan subjek untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, motivasi dan level energi, waktu tidur dan olahraga yang dibutuhkan serta kesejahteraan tubuh.

Rata-rata penurunan berat badan di akhir tahun yang pertama adalah 9.4kg. dalam sebagaian besar studi, berat badan meningkat di tahun kedua, tetapi selama studi berlangsung berat badan akan terus menurun, walaupun dalam rasio yang lebih lambat. Rata-rata penurunan berat badan setelah tahun kedua adalah 13.6 kg. Sebagai hasil dari penuruan berat badan, tekanan darah sistolik dan diastolik berkurang di dalam kedua tahun tersebut. Level insulin menurun dari 14.4 mU/L hingga 9.0 mU/L, dan CRP (C-reactive Protein) – sebuah penanda peradangan yang meningkat di dalam kasus obesitas, menurun secara signifikan. Penilaian diri subjek terhadap penanda-penanda kualitas hidup yang mereka pilih, seperti kesehatan keseluruhan, energi, tingkat motivasi dan olahraga, meningkat pesat, sementara keinginan mereka untuk makan yang manis-manis berkurang.

studi nutrishake terhadap obesitas

Kesimpulannya adalah penggunaan Nutrishake bersamaan dengan gaya hidup yang sehat akan menghasilkan penurunan berat badan yang mengesankan bagi penderita obesitas.

Advertisements

Posted on March 26, 2015, in Nutrishake and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: