Sehat Itu Dimulai Dari Sarapan!


pilih makan yang manaBanyak orang meninggalkan sarapan dengan berbagai alasan, antara lain tidak sempat karena terburu-buru atau sengaja tidak sarapan karena sedang diet menurunkan berat badan. Tahukah Anda? Hasil riset dari Harvard Medical School menyatakan bahwa orang yang meninggalkan sarapan memiliki resiko obesitas/kegemukan 3x lipat dibandingkan dengan orang yang sarapan secara teratur.

Lantas, sarapan seperti apakah yang menyehatkan bagi tubuh dan aman bagi yang sedang menurunkan berat badan? Cek kriterianya yuuukkk…. Sarapan sehat yang baik adalah :
1. Memberikan kita semua nutrisi yang penting sebelum beraktifitas
2. Memberikan tubuh kita energi yang baik sepanjang hari
3. Memberikan tubuh kita asupan air yang cukup
4. Membantu menjaga tingkat kadar gula dalam darah kita tetap berada di level normal

Nah, sudahkah sarapan Anda setiap hari memenuhi kriteria di atas? Mari kita cek manusia berdasarkan jenis sarapanya yang umum kita temui.

1. Sarapan Karbohidrat
Di pagi hari, karbohidrat sederhana seperti nasi, roti putih, mie atau makanan berlemak seperti gorengan, akan menyebabkan level gula darah yang mendadak. Ini adalah salah satu penyebab utama diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

grafik level gula darah tinggi

2. Tidak Sarapan
Saat anda tidak sarapan, kadar dula dalam darah Anda akan drop/turun di bawah level normal. Anda akan merasa kelaparan yang dapat merangsang keinginan ngemil, dan mengalami penurunan tingkat energi. Hal ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

grafik level gula darah turun-rendah

3. Sarapan Berdasarkan Protein
Sarapan dengan menu ini akan mensuplai nutrisi penting dan energi ke dalam tubuh kita tanpa meningkatkan gula dalam darah dan kadar insulin, sehingga membantu menghindarkan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini, nafsu makan akan terkontrol dengan baik, keinginan makan dengan kandungan karbohidrat atau kalori tinggi akan berkurang (mie, kue, junk food, soft drink, dll). Sebagai hasilnya, tubuh akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh sebagai sumber energi.

grafik level gula darah normal

Nah, Anda sudah tau bagaimana kriteria Sarapan sehat dan jenis-jenisnya. Anda mau pilih yang mana?
Ingat, “You are what you eat!” – bahwa tubuh kita adalah cerminan apa yang kita makan.
Sehat itu adalah pilihan ๐Ÿ™‚

you are what you eat - kamu adalah apa yang kamu makan

Belum punya menu sarapan sehat? Call me untuk konsultasi dan pemesanan ๐Ÿ™‚
087739198731
73F3191D

Advertisements

Posted on May 12, 2015, in Diet & Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: